Rumah subsidi tangerang

header ads

KPR Subsidi, sebenarnya apanya sih yang di subsidi? l Perumahan murah Bersubsidi Tangerang

 KPR Subsidi, sebenarnya apanya sih yang di subsidi?

Aditzulkarnain

Taman Sari, Jakarta Barat

Kamis, 13 September 2021

KPR Subsidi, sebenarnya apanya sih yang di subsidi? l Perumahan murah Bersubsidi Tangerang - Kita sering lihat di spanduk-spanduk, atau pernah mendapatkan brosur perumahan dan iklan di media sosial yang menawarkan Rumah Subsidi. 

Beragam pertanyaan dan image terkait Rumah Subsidi pun bermunculan kalau rumah subsidi itu merupakan perumahan untuk mereka yang berpenghasilan minim atau rendah sehingga Rumah subsidi itu identik dengan rumah yang material dan bangunannya sangat-sangat sederhana atau bahkan terkesan yang penting ada bangunan berbentuk rumah.


Perumahan KPR subsidi kotabumi tangerang, Perumahan subsidi cicilan ringan, Rumah subsidi tangerang - Type Varanesse

Dalam tulisan ini saya ingin menyampaikan suatu hal yang saya pahami terkait perumahan dengan KPR Subsidi.

Pertama, sama-sama kita pahami bahwa rumah atau tempat tinggal itu adalah kebutuhan pokok, sehingga setiap keluarga masyarakat indonesia ber-hak atas kepemilikan rumah tinggal yang layak, ingat ya rumah tingggal yang layak, jadi ya harus memenuhi syarat dan standarisasi layak dihuni.

Kedua, nilai tanah dan bangunan selalu mengalami kenaikan disetiap waktu, sehingga membuat harga jualnya semakin tinggi, yang kemudian menjadi persoalan tersendiri untuk memilikinya, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah.

Selanjutnya negara, dalam hal ini pemerintahan mencoba memastikan bahwa setiap lapisan keluarga Indonesia sangat memungkinkan untuk memiliki rumah sendiri, termasuk mereka yang’ memiliki penghasilan menengah kebawah dengan cara mendapatkan subsidi pembiayaan dalam pembelian unit rumah, Jadi yang disubsidi itu pembiayaannya bukan harga rumahnya dan bukan juga rumahnya, baik itu subsidi suku bunga dalam setiap cicilan atau subsidi uang muka

Baca Juga : Mau Diskon

Memang ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan untuk KPR subsidi, baik untuk pembelinya maupun untuk luas tanah dan bangunan serta batas harga jualnya. Syarat untuk calon pembelinya akan kita bahas nanti ya, saat ini kita sedikit kupas tentang pengertian sederhana terkait ketentuan type dan harganya.

Untuk didaerah Kabupaten Tangerang, typenya saat ini tidak boleh lebih dari 30/60, artinya luas bangunannya 30M2 dan tanahnya 60M2 dengan harga tidak boleh lebih dari 168juta, untuk wilayah Indonesia bagian lainnya mungkin memiliki standarisasi yang berbeda, bisa jadi dikarenakan faktor harga tanah dan harga material juga upah yang berbeda, untuk lebih detailnya mungkiin bisa mendapatkan informasi di perbankan terkait.

Perumahan subsidi kotabumi tangerang, Perumahan subsidi cicilan ringan, Rumah subsidi tangerang - Type Panthera

Selanjutnya tinggal bagaimana para Developer mengelolanya untuk tetap mendapatkan margin dalam membangun rumah dengan standarisasi luasan berdasarkan type tersebut dengan batasan nilai jual yang telah ditetapkan. Nah disinilah kemudian kita bisa menilai hasil bangunannya akan seperti apa nantinya.

Banyak cerita dari mereka yang sudah survey ke beberapa rumah yang mohon maaf “Subsidi” secara fisik bangunan nampak sangat rendah baik secara kualitas pengerjaan maupun material yang digunakannya, bahkan sampai ada yang mengatakan beli rumah subsidi ya hitung-hitung beli tanah saja, jadi ya harus siapkan uang lagi untuk membangunnya dalam arti merenovasi dan memperbaikinya, tapi tetap tidak boleh merubah bentuk dan ukuran yang ditetapkan.

Contoh cerita diatas bisa jadi karena developer tersebut mendapatkan harga tanah yang cukup mahal sehingga mereka coba menekan di material yang digunakan beserta kecepatan pengerjaannya, atau bisa juga developer tersebut memang ber-orientasi kepada keuntungan yang sangat besar. Sehingga secara ber-angsur dari waktu ke waktu tercipta image bahwa rumah SUBSIDI itu rumah dengan kualitas bangunan yang minim kalo tidak mau disebut sangat minim. Makanya sangat penting sekali bagi masyarakat indonesia untuk melakukan survey ke lokasi.

Kemudian pertanyaannya adalah, boleh ga sih rumah dengan Type 30/60 dengan harga 168Jt di Kabupaten Tangerang dijual dengan KPR Komersil dan juga KPR Subsidi.

Dalam hal ini saya menyampaikan sebagaimana yang ada di Perumahan Pratama Daru, unit yang ber-type 30/60 dibandrol dengan harga 168jt dan sudah memiliki spesifikasi material dan bangunan yang sangat baik sekali, bisa didapat dengan pembiayaan secara KPR Subsidi tapi tentunya bagi mereka yang sesuai dengan kriteria mendapatkan KPR Subsidi ya, kalo yang sudah tidak bisa mendapatkan SUBSIDI ya harus berbesar hati mendapatkan unit di Pratama Daru dengan skema KPR Komersil atau Non Subsidi. Jadi bisa dibilang Pratama Daru itu perumahan komersil yang bisa didapat dengan KPR Subsidi, jadi bukan rumahnya yang Subsidi melainkan pembiayannya yang di Subsidi.

Silahkan hubungi : Khanifah (WA) KLIK DISINI

Alamat : Jl. Sarwani No.10, Tipar Raya, Kec. Jambe, Kabupaten Lebak, Banten 15720, Kabupaten Lebak, Banten 15560

Jangan pernah menunda-nunda untuk membeli rumah karena semakin lama kamu membeli rumah maka akan semakin mahal dan semakin kecil pula rumah yang kamu dapatkan.


Posting Komentar

0 Komentar

HUBUNGI WHATSAPP YAA